Pendahuluan
Bimtek Supervisi & Audit Pelayanan Gizi di Fasyankes.Berdasarkan PMK nomor 78 tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, pelayanan gizi dilakukan untuk mempertahankan, memperbaiki dan meningkatkan status gizi melalui pendekatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif. Pelayanan gizi di rumah sakit adalah pelayanan yang diberikan dan disesuaikan dengan keadaan pasien berdasarkan keadaan klinis, status gizi, dan status metabolism tubuh. Keadaan gizi pasien sangat berpengaruh pada proses penyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit dapat berpengaruh terhadap keadaan gizi pasien.
Menurut Andayani (2008) audit internal merupakan audit yang ditujukan untuk memperbaiki kinerja. Kegiatan audit internal adalah menguji, menilai efektivitas dan kecukupan dalam sistem pengendalian internal yang ada dalam organisasi. Dalam konteks audit pelayanan gizi di Fasyakes, menurut Depkes RI (2006) tentang pedoman pelayanan gizi rumah sakit bahwa semakin baik kualitas pelayanan gizi rumah sakit semakin tinggi tingkat kesembuhan pasien. Artinya, apabila pelaksanaan audit internal dilakukan secara berkesinambungan maka akan meningkatkan mutu pada pelayanan gizi.
Berdasarkan uraian singkat diatas, penyelenggaraan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi unit gizi rumah sakit dalam meningkatan mutu pelayanan gizi pada pasien di Rumah Sakit.